Tips Jitu Agar Tetap Produktif saat Harus Work From Home

Tips ini dapat membantu agar kamu tetap menyelesaikan pekerjaan kantor meski harus bekerja dari rumah.

Photo by Manny Pantoja on Unsplash

Seperti yang sudah diketahui, pandemic virus corona atau Covid-19 membuat pemerintah menyarankan perusahaan menetapkan kebijakan work from home untuk memperkecil risiko penularan virus tersebut. Nah, tidak semua kantor memiliki kebijakan ini sebelumnya, sehingga banyak pegawai yang merasa kesulitan saat harus bekerja seperti biasa namun tidak dalam suasana kantor.

Bisa-bisa kita terlena karena tetap di rumah sehingga pekerjaan tidak terselesaikan dan produktivitas menurun. Lalu, bagaimana caranya supaya tetap produktif meski sedang bekerja di rumah? Simak tipsnya sekarang!

1. Bekerja Sesuai Jadwal Biasa

Ini penting, misalkan setiap hari kamu masuk kantor jam 9.30, usahakan kamu sudah siap bekerja seperti biasa kamu di kantor, jangan jadi bangun terlalu siang. Begitu pula dengan jam selesai bekerja, jika normalnya jam 6 kamu sudah pulang, lakukan juga saat work from home.

Bekerja di rumah bukan berarti kamu bisa mengerjakan pekerjaan kapan saja, lho! Dengan begitu kamu bisa menentukan prioritas pekerjaanmu.

2. Buat Peraturan dengan Orang Rumah

Jika kamu tidak tinggal sendiri atau sudah berkeluarga, penting untuk membuat peraturan dengan orang-orang di rumah, misalnya dengan orang tua, pasangan, atau anak. Sekolah juga sudah diliburkan selama beberapa minggu untuk alasan yang sama, nah, kamu bisa menyesuaikan jadwal dengan suami jika di hari atau jam tertentu kamu harus conference call.

Jika kamu masih tinggal bersama orangtua, kamu perlu memberi mereka pengertian bahwa meski kamu bekerja dari rumah, bukan berarti kamu libur dan bisa melakukan house chores dalam waktu yang panjang, semua bisa didiskusikan terlebih dahulu agar saat bekerja kamu bisa fokus.

3. Buat Jadwal Meeting dari Jauh Hari

Saat di kantor, tidak jarang ketika kamu tidak ada jadwal meeting, tiba-tiba atasan atau kolega mengajak meeting dengan mendadak. Nah, sepertinya cara seperti ini agak sulit diterapkan saat bekerja di rumah, karena bisa saja kamu sedang tidak standby.

Jadi, buatlah kesepakatan bersama bahwa jadwal meeting harus dijadwalkan dari jauh-jauh hari agar kamu bisa mempersiapkan diri sehingga tidak ada kejadian saling menunggu karena belum standby. Memasang reminder di smartphone yang sudah terintegrasi dengan kalender email menjadi solusi yang tepat.

4. Jangan Lupa Istirahat

Hanya karena kamu bekerja dari rumah, bukan berarti tandanya kamu santai seharian, lho! Meski dari rumah, kamu harus tetap istirahat layaknya sedang di kantor. Mungkin saat kepala sedang pusing, kamu bisa istirahat sebentar sambil meregangkan otot, atau menyeduh kopi.

Karena seringnya, justru orang-orang yang sedang work from home malah menjadi memforsir pekerjaannya sehingga jadi terlalu letih dan jatuh sakit. Wah, jangan sampai jadi seperti itu, ya!

5. Tetapkan Satu Tempat Khusus untuk Bekerja

Meski bekerja sambil tiduran di kasur atau di sofa sangat menggoda, banyak orang yang sudah berpengalaman bekerja dari rumah tidak merekomendasikan cara bekerja yang seperti ini, lho.

Idealnya, kamu bekerja di meja belajar atau meja kerja agar kamu bisa tetap fokus. Jika tidak ada, kamu bisa memanfaatkan meja makan agar seolah-seolah sedang merasa di kantor.

Itu dia kelima tips agar tetap produktif selama bekerja dari rumah atau work from home. Well, semoga kita tidak berada di kondisi seperti ini berlarut-larut, ya! Stay safe, everyone!

BACA ARTIKEL SEPUTAR LIFESTYLE LAINNYA:

--

--